Beda WWTP, STP, dan WTP Dalam Pengolahan Air

Limbah cair memiliki banyak sekali jenisnya, begitupula dengan sistem yang digunakan untuk mengolah limbah tersebut. Sehingga dibuatlah beberapa istilah yang berkaitan dengan pengolahan air limbah. Contohnya istilah WWTP di lingkungan industri, STP di lingkungan perumahan dan rumah sakit, dan istilah WTP di lingkungan masyarakat. Apa beda dari ketiga istilah tersebut ?. Mari kita bahas

Sistem Pengolahan Air WWTP (Wastewater Treatment Plant)

Adalah sebuah sistem pengolahan air limbah yang secara khusus dirancang untuk mengolah limbah secara fisik, kimia, dan biologi. Hasil dari pengolahan air limbah tersebut memungkinkan untuk dimanfaatkan kembali untuk aktivitas yang lain / dibuang ke badan air.

Sistem WWTP digunakan pada di lingkungan industri/pabrik. Dimana sistem tersebut akan mengolahan air limbah dari aktivitas industri/manufaktur dengan kapasitas dan beban pencemar yang beragam. Sehingga bangunan WWTP cukup kompleks dan membutuhkan lahan yang luas untuk mengolah air limbah yang beragam tersebut.

Berikut adalah contoh bangunan WWTP :


Sistem Pengolahan Air STP (Sewage Treatment Plant)

Adalah sebuah sistem pengolahan air limbah yang dirancang untuk mengolah air limbah domestik. Air limbah domestik berasal dari kamar mandi, closet, wastafel, dapur, dan tempat cuci. Hasil dari pengolahan air limbah dapat langsung dibuang ke badan air atau dimanfaatkan kembali. Jika debitnya cukup banyak hasil pengolahan air limbah dapat dimanfaatkan untuk mengisi kolam ikan atau membantu mengaliri sawah

Sistem STP sering digunakan untuk mengolah limbah domestik rumah tangga, limbah domestik pasar, limbah domestik pabrik, dan limbah domestik faskes. Bangunan STP dibangun dengan lahan yang relatif kecil.

Berikut adalah contoh bangunan STP :